Wednesday, 31 August 2016

Program Pengenalan Universitas Widyatama 2016, Nyatakan Aksi dengan Kreasi


Bandung (24/8), Universitas Widyatama (UTama) kembali menyelenggarakan hajat besar. Kali ini civitas menyambut kedatangan mahasiswa baru yang telah dinyatakan diterima di UTama. Sekitar 1.300 peserta menghadiri rangkaian acara yang dilaksanakan satu minggu ini.
Perubahan paradigma ospek menjadi program perkenalan bukanlah menjadi tahun pertama bagi institusi widyatama untuk menerapkannya. Berlandaskan pada surat edaran Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No: 253/B/SE/VIII/2016 tentang Pengenalan Kampus bagi Mahasiswa Baru tercantum dalam butir 5 surat edaran menjelaskan bahwa Penyelenggaraan Program Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) difokuskan pada upaya pendewasaan dan pembelajaran dengan tertib, dan tidak ada kekerasan verbal, fisik maupun mental.
Hal ini sangat jelas digambarkan, bahwa program “perploncoan” yang menjadi tradisi dan budaya “leluhurnya” mulai dihapuskan sehingga orang tua mahasiswa tidak dirumitkan dengan stigma yang tidak jelas atas adanya Program Pengenalan Kampus. Dalam rangka mempertahankan tata nilai pendidikan dan akhlak yang stabil bagi mahasiswanya, dalam Program Pengenalan Universitas Widyatama (PPU) disisipkan acara penyuluhan anti Narkoba bekerjasama dengan Yayasan Sahabat Sebaya dengan Tema Global Action for Healthy Without Drugs. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga PPU ini sangat memiliki garis irisan dengan amanat yang diberikan oleh Kemenristek DIKTI pada surat edarannya. PKKMB diisi dengan materi tentang pengenalan kehidupan kampus baik akademik maupun non akademik disertai materi wawasan kebangsaan, kesadaran bela negara, pencegahan, penanggulangan dan penyalahgunaan narkoba, serta meredam radikalisme dengan metode yang tepat.
Mahasiswa baru disahkan dan diresmikan dengan dilaksanakannya Sidang Senat Universitas Widyatama tepat pada hari pertama pelaksanaan PPU. Menjadi moment yang monumental ketika Jajaran senat UTama meresmikan mahasiswa baru UTama. Dengan ini, dapat terlihat keseriusan widyatama dalam menyambut mahasiswa baru. Seiring dengan dilantiknya mahasiswa baru ini berharap bahwa mereka dapat sadar dan merubah pola fikir  menjadi lebih luas dan berjiwa mandiri sehingga mengerti akan persaingan antar individu guna mencetak jiwa yang kuat dan inovatif.
PPU ini dikemas guna mahasiswa dapat lebih kreatif, inovatif serta berwawasan luas dengan memperkenalkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan civitas Widyatama. Mahasiswa baru dapat memberikan kreasi inovatif dalam wujud nyata dengan bergabung UKM dan Lembaga Kemahasiswaan lainnya.
Tidak melupakan kredibilitasnya sebagai kampus entrepreneur, yang mencetak banyak lulusannya membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat banyak. Ada yang berbeda dari PPU tahun ini, kemasan yang hangat penuh kekeluargaan dengan mendatangkan para alumni yang telah sukses berwirausaha di bidangnya untuk sharing dan cerita atas perjalanan kesuksesannya.
Adapun keluaran dari PPU ini berharap bahwa mahasiswa baru memiliki sense of belonging dalam kuliah di Widyatama. Jadikan kami sebagai rumah kedua untuk anda, dengan segala fasilitas lengkapnya dan kualitas pengajaran terbaik dari Universitas Widyatama. Viva UTama!

No comments:

Post a Comment