Tuesday 22 January 2013

Gadget yang Menemani Batman Beraksi

Setiap film Batman dirilis, akan selalu ada inovasi teknologi yang dibuat sutradara untuk membumbui aksi pahlawan kota Gotham tersebut. Lewat media gadget yang [sayangnya] tidak dirilis massal, Batman bisa saja menjadi inspirasi bagi pengamat teknologi populer atas fungsi-fungsi perangkatnya yang tidak biasa dengan desain unik dan senada dengan citraan sang pahlawan.
Batman selalu dilengkapi perlengkapan "ajaib" yang memudahkannya beraksi. (Reporter Online)
Berikut daftar nama-nama perangkat “ajaib” yang menemani Batman beraksi menumpas kejahatan.

Shark Repellant Bat-Spray
Senjata semprot ini digunaan untuk mengusir hiu yang menganiaya kaki Batman. Sekali semprot, gigitan langsung lepas. Bonusnya adalah ledakan lantaran memberikan hawa sangat panas dari cairan yang disemprot. Kabarnya, gadget ini menjadi simbol bahwa Batman lebih baik dari 'pahlawan' lainnya.


Night Vision
Bekal ini sangat penting bagi Batman agar bisa melihat di dunia gelap. Night Vision bisa dipadukan dengan teknologi sonar, yang bisa membuat semua ponsel di kota Gotham menjadi alat pelacak keberadaan Joker, musuh utama Batman. Nah, hasil pemetaan ponsel ini bisa dilihat melalui Night Vision.

Batarang
Ini senjata yang sangat diperlukan oleh Batman. Fungsinya seperti senjata bumerang, yang jika dilempar ke musuh bisa kembali lagi ke empunya. senjata yang mulanya digunakan pada 1939, kini sudah bisa menggunakan remote.
Kontroler rilisan Power A dengan desain seperti Batarang untuk game Batman: Arkham City. (AFP Relax)
Gesper Serbaguna
Tentu saja ini bukan sekadar ikat pinggang. Pada alat yang membelit pinggangnya itu, beragam senjata bersemayam. Ada batarang, Batclaw yang berfungsi seperti magnet.

Explosive Gel
Perangkat ini juga tersimpan di ikat pinggang Batman. Awalnya cairan ini berfungsi untuk membobol tembok atau pintu agar Batman bisa masuk. Kini bisa digunakan langsung, yaitu guna melayangkan pukulan lebih keras ke musuh.

Jubah terbang
Jubah besar di pakaian Batman itu bisa digunakan untuk terbang. Sejak film Batman Begins, jubah tersebut diciptakan bisa memadat jika dialiri listrik, sehingga bisa membuat Batman melayang.

Nokia Lumia 'Batman' yang dirilis terbatas. (ghiboo.com)Sonic Bat Call
Perangkat ini melengkapi fungsi ikat pinggang Batman. Sonic Bat Call merupakan alat untuk memanggil pasukan kelelawar guna menyamarkan Batman agar mulus dalam pelarian. Pada Batman Begins aksi alat ini bisa disaksikan.

Bat Grappler
Sejak pertama muncul pada 1989, manusia kelelawar ini tidak bisa dipisahkan dari senjata mirip pistol ini. Jika ditembakkan, yang keluar adalah kabel pengait yang ujungnya menempel ke tembok atau tiang. Selanjutnya, Batman bisa berulah seperti Spiderman.

Smoke Grenades
Kadang-kadang Batman berada dalam situasi sulit, sehingga satu-satunya jalan adalah harus menginghindar. Di sininah granat asap yang cara kerjanya mirip senjata ninja itu, memiliki manfaat. Blup, Batman pun menghilang.

Bat Computer
Bat Computer merupakan komputer canggih yang terdapat di Bat Cave, markas rahasia Batman. Komputer ini bisa menampilkan identitas musuh secara langkap dalam sekejap. Jadi perangkat ini bisa melacak posisi musuh.

The Bat Pod
Perangkat ini muncul pada edisi Dark Knight. Sekali melihat motor keren ini, mudah sekali menebak bahwa kehebatannya akan mirim dengan Bat Mobile atau mobil yang selama ini dipakai. Cepat, cerdas, dan mampu melakukan banyak hal lainnya. Bat Pod semacam kendaraan figuran, tidak disiapkan untuk menjadi pengganti mobil Batman. (Marmi Hidayah)

No comments:

Post a Comment